SOCIAL MEDIA

Jumat, 20 Oktober 2017

Tips Membangun Hubungan

Hasil gambar untuk membangun hubungan dengan pelanggan

Tujuan dari tahap membangun hubungan ini adalah membuat prospek/target market kita:
              Tahu
              Suka
              Percaya

terhadap kita (dan nantinya terhadap produk kita). Sehingga mereka mau mendengarkan kita, ujung-ujungnya membuat mereka membeli produk kita dan mau merekomendasikan produk kita.

Lalu, bagaimana cara membangun hubungan?
Apa kuncinya agar kita diketahui, disukai dan dipercayai oleh target market kita?

4 Tips membangun hubungan

Tips #1: Berinteraksilah dengan target market kita

Untuk penjualan offline, bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan asosiasi, hadir di acara jejaring, seminar dan pameran yang dihadiri oleh target market kita. Untuk penjualan online. bisa bergabung dan aktif di group yang berisi target market kita. Tanpa interaksi tidak ada relasi, tanpa relasi tidak ada transaksi.

Tips #2: Tunjukan bahwa Anda orang yang kompeten.

Pada saat interaksi sisipkanlah cerita tentang aktivitas-aktivitas Anda, sisipkanlah cerita-cerita tentang pengalaman Anda membantu klien-klien Anda. Tunjukanlah bahwa Anda punya otoritas di bidang Anda. Saat menulis status media sosial Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Anda bisa gunakan Covert Autority Pattern.

Covert Autority Pattern adalah pola bahasa hipnotik yang digunakan untuk menyisipkan sebuah persepsi tertentu. Misalnya saya ingin menyisipkan persepsi kepada audiens saya bahwa saya mempunyai kemampuan melatih hypnosis, maka bisa cerita sebagai berikut:

“Dulu sewaktu saya diminta melatih skill hypnosis untuk tim dokter presiden RI, ketua tim dokter saat itu – dr. Aris mengatakan bahwa….”

Pernyataan seperti ini menyisipkan pesan bahwa saya memiliki kemampuan melatih hypnosis. Pola yang sama bisa kita lakukan dengan tulisan, misalnya saya ingin munjukkan bahwa saya memiliki kemampuan financial palnning, maka saya bisa menuliskan:
“Saat saya mengambil kelas sertifikasi Financial Planner beberapa tahun yang lalu, saya menemukan bahwa ….”

Pola-pola seperti ini akan meningkatkan otoritas Anda tanpa terlihat sombong, tanpa terlihat membanggakan diri. Ingat, orang tidak akan suka dengan orang yang sombong dan terlalu membanggakan diri.

Tips #3: Jangan tergoda untuk Jualan di awal transaksi

Ingat paradoks sukses “Semakin ngotot Anda untuk sukses, semakin jauh Anda untuk sukses.” Begitu juga, semakin ngotot kita ingin orang lain membeli, mereka akan semakin resisten dengan Anda. Santai saja, jangan tergoda untuk jualan di awal interaksi. Gali kebutuhan, bangun hubungan, lakukan proses itu terlebih dulu.

Tips #4: Fokus menjadi orang yang bermanfaat bagi mereka
Sehingga orang tahu, suka, dan percaya dengan kita. Jadikan diri kita bernilai dan bermanfaat. Saat seseorang mengetahui nilai kita, maka mereka akan mendekat ke kita dan pada satu titik akan meminta bantuan kepada kita. Jadikan diri kita bermanfaat, bernilai, berharga, maka orang akan tahu, suka dan percaya dengan kita.

Tips-tips sederhana ini tidak akan merubah hidup Anda, tanpa Anda mempraktekannya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar