Cacat Fisik Tak Menghalangi Sefri Retno Budiarti Berbisnis Brownis - Sang Mentari

Breaking

Sang Mentari

Personal & Life Style Blog

Conected

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 03 November 2017

Cacat Fisik Tak Menghalangi Sefri Retno Budiarti Berbisnis Brownis





Sukses menjadi pengusaha kini tak memandang kesempurnaan fisik. Inilah yang dialami oleh Sefri Retno Budiarti. Meski kini wanita kelahiran 15 september 1984 duduk di kursi roda akibat kecelakaan yang menimpanya 4 tahun lalu, Sefri bisa sukses mengantongi omzet hingga jutaan rupiah perbulan meski mengawalinya dari modal Rp. 500.000.

Dengan bermodalkan uang Rp. 500.000, Sefri mengawali kesuksesannya menjadi businness woman di bidang kuliner terutama brownies. “Uang itu saya gunakan untuk membeli bahan-bahan dan loyag,” bebernya saat ditemui di  kediamannya di jl kh wahid hasyim probolinggo

Sebelum memutuskan untuk terjun di dunia kuliner, Sefri sudah terjun di dunia online dengan mulai berbisnis baju, sepatu, maupun obat. Semua dilakukannya tidak berdasarkan hobi maupun bakat. “ Waktu itu  yang saya lakukan hanya asal jualan, menawarkan dan brharap laku. Tapi karena begitu besar pengeluaran yang cukup banyak untuk anak-anak, jadi saat itu yang saya pikirkan hanyalah keuntungan yang besar. Awalnya saya mencoba sabar, tetapi kelamaan kesabaran itu habis dan akhirnya saya berhentu berjualan,” ungkapnya.

Setelah memutuskan untuk vakum dari segala bisnis, Sefri iseng-iseng membuat brownis. Dari keisengan tersebut, rupanya membuahkan hasil yang positif. Keluarganya sangat suka dengan brownis buatannya. Kakaknya juga tak pernah berhenti untuk memberinya motivasi. “Berkat motivasi dari kakak saya, saya terus maju dan bangkit. Alhamdulillah pelan-pelan usahaku meningkat, mulai dari brownis kotak, tart brownis, hingga chocomelted,” tutur single parent sekaligus ibu 2 orang anak ini.

Kesuksesan bisnis brownis Sefri itu semua berkat support dan dukungan dari keluarganya. Senyum yang terpancar di wajah kedua orang tuanya, kakak dan anak-anaknya adalah semangat dan kebahagiaan bagi Sefri sendiri. “Ibu saya yang sudah sangat sepuh itu membantu saya dalam membeli bahan, sedangkan kakak saya bekerja keras untuk mendapatkan rejeki yang lebih sehingga bisa membuatkan saya kompor yang lebih pendek agar saya bisa mengerjakan orderan dengan mudah dengan menggunakan kursi roda. Bahkan anak-anak saya pun selalu setia sebagai quality control untuk tes rasa. Semua keluarga besar memberikan semangat yang luar biasa agar saya tetap berjalan maju dan tidak menyerah dengan keadaan saya. Bangga rasanya mempunyai keluarga yang kompak,” bebernya.

Disamping keluarga, sefri juga seringkali mendapat dukungan dari sahabat, teman, tetangga. Suster di bagian Fisioterapis di rumah sakit tempat Sefri terapi pun juga sering memesan brownis. Tidak hanya itu saja, pihak Dinas Sosial juga membantunya. “Dinsos membantu saya untuk mempertemukan saya dengan Ibu walikota probolinggo, ibu Hj Rukmini Buchori, SH, Msi dalam sebuah acara meskipun saat itu saya dengan bu walikota hanya sempat berfoto dan hanya memberikan souvernir berupa tart kepada beliau,” kenangnya.

Perjalanan bisnis brownis sefri tidak hanya diliputi kebahagiaan. Namun juga mengalami beberapa kendala. Misalnya saja, saat ia membeli bahan di toko menggunakan becak. Sefri hanya menunggu di atas becak sambil memberikan perintah kepada tukang becak mengenai yang harus dibeli dengan membawa catatan. Namun, sayangnya karena kurang paham, alhasil tukang becaknya menjadi bolak balik. Sehngga kerap kali menimbulkan pertanyaan pada di dalam benak sesama pembeli maupun karyawan di toko tersebut.

 “Untungnya tukang becak langganan saya tersebut selalu menjelaskan mengenai apa yang terjadi sama saya. Selain itu ada juga beberapa customer saat ambil kue di rumah dan melihat saya di kursi roda, mereka malah tidak memesan kue lagi kepada saya dengan alasan kasihan. Padahal, orderan dari mereka adalah penyemangat buat saya,” ujarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here