SOCIAL MEDIA

Senin, 13 November 2017

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Pernikahan ala "Kids Zaman Now"

Hasil gambar untuk pernikahan kahiyang




Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang diselenggarakan di Gedung Graha Saba Buana Solo,  Rabu, (8/11) lalu menyedot perhatian masyarakat luas. Semua lapisan masyarakat turut menghadiri akad nikah dan resepsi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Tidak hanya itu saja, pernikahan putri Joko Widodo ini juga masuk ke dalam trending topic di Twitter.


 "Semua golongan, semua lapisan ada wakil-wakilnya. Segala agama, suku, tokoh kumpul pada hari ini. Ini menandakan bahwa semuanya ikut merasa bahagia dengan perkawinan putrinya Pak Jokowi," terang Jimly Asshiddiqie Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indoneesia (ICMI).

Pernikahan ini juga mempertemukan dua tradisi Jawa dengan Tapanuli. "Selamat untuk Indonesia," ucap Jimly.
Jimly Asshiddiqie tak lupa mendoakan agar keluarga yang dibangun Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah.

Sementara mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menilai pernikahan Kahiyang dan Bobby kental menunjukkan kebhinekaan."Yang satu dari Medan, satu lagi dari Jawa, jadi terlihat sekali kebhinekaannya. Nasional dan sangat sederhana," puji Rizal Ramli.

Pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby tidak hanya menjadi momentum kebahagiaan dua sejoli yang diikat tali cinta, melainkan juga perayaan kebudayaan sekaligus kebinekaan di Indonesia.
"Saya melihat panitia ini sebetulnya ingin mengekspresikan kebinekaan di dalam sebuah formasi pernikahan," demikian komentar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, seusai mengikuti resepsi.
Bagaimana tidak, meski rangkaian pernikahan dilangsungkan menggunakan adat Solo, namun unsur kebudayaan lain di tanah air turut dimasukkan ke dalamnya.

Salah satunya yakni penggunaan busana adat penerima tamu. Mulai dari pakaian daerah Sumatera Utara, Bali, DKI Jakarta, Kalimantan hingga Nusa Tenggara Timur, dikenakan oleh para penerima tamu yang terdiri dari personel TNI-Polri wanita.

Pada saat akad nikah Kahiyang dan Bobby menggunakan konsep Jawa Klasik. Pelaksanaan Ijab Kabul untuk mempersunting putri semata wayang Jokowi itu langsung disambut dengan kata 'sah' dari para saksi dan keluarga serta kerabat yang hadir menyaksikan momen haru itu. Kata 'sah' sekaligus menandakan sang pengantin resmi menjadi pasangan suami istri. Wakil Presiden Jusuf Kalla, menjadi saksi dari pihak keluarga mempelai wanita sedangkan Menteri Perekonomian Darmin Nasution saksi dari mempelai pria.


"Saya nikahkan dan saya jodohkan anak kandung perempuan saya Kahiyang Ayu dengan engkau Muhammad Bobby Afif Nasution bin Insinyur Haji Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat salat dan emas seberat 80 gram dibayar tunai," kata Jokowi.

Bobby pun menerima ijab kabul dengan lancar dan satu tarikan napas.


Sebelum pelaksanaan proses akad nikah, Kahiyang dan Bobby dibawa dengan menggunakan kereta kencana. Kereta 'diluncurkan' dari dua arah. Bobby dan keluarga datang dari tempatnya menginap dan Kahiyang dari kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber. Mereka kemudian bertemu di Graha Saba Buana.

Kahiyang duduk di samping Bobby, yang berhadapan langsung dengan Jokowi. Di samping Jokowi, ada Basir selaku penghulu. Dua saksi duduk di salah satu sisi meja.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta maaf kepada masyarakat Solo dan sekitarnya jika terjadi kemacetan arus lalu lintas karena prosesi pernikahan putrinya.



4 komentar :