SOCIAL MEDIA

Senin, 11 Desember 2017

Menuju Sehat 2018


Hasil gambar untuk sehat

Sehat, siapa sih yang tidak ingin sehat? Aku yakin pasti semuanya ingin sehat. Nah, penghujung akhir tahun sudah di depan mata. Lalu, apa resolusi di tahun 2018 mendatang?
Resolusi sehatku di tahun 2018 simpel banget deh.
Mau tau apa resolusi sehatku di tahun 2018?

Yuk dibaca sampai akhir...

1.             
Menurunkan berat badan
Postur tubuhku yng terbilang cukup gemuk terkadang membuatku risih dan tidak percaya diri menggenakan baju. Nah, biar makin pede, tahun 2018, aku mau menurunkan berat badan deh. “Menuju Langsing 2018” pokoknya.

Saatnya di tahun 2018, kuatkan tekad untuk menurunkan berat badan. Dalam menurunkan berat badan pun tidak bisa dilakukan secara instan. Semuanya butuh proses. Saatnya kurangi konsumsi junk food dan soft drink. Perbanyak makan buahdan sayur, dan yang terpenting olahraga.

2.              Rajin Olahraga
Resolusi yang satu ini juga terbilang amat berat bagiku. Aku termasuk orang yang paling malas untuk olahraga. Namun untungnya teman-teman dosen wanita di kampus tempat aku ngajar, setiap kamis sore mengosongkan waktunya untuk senam bersama. Semoga dengan senam bersama tersebut, aku jadi rajin berolahraga.  

3.              Tidur malam yang cukup
Sejak duduk di bangku kuliah aku sudah bekerja di media. Media yang aku terjuni saat itu tabloid mingguan. Saat deadline tiba, aku dan teman-temanku selalu berada di kantor hingga keesokkan harinya, sehingga tidurpun selalu menjelang subuh.

Aktivitasku yang saat ini pun juga kebanyakkan berada di depan laptop setiap malam. Bahkan tidak jarang aku baru bisa tidur di atas jam 2 pagi. Kalaupun aku tidak menyelesaikan pekerjaan, aku mencoba tidur “sore” yakni jam 9 malam, namun mata juga tak mau terpejam. Semoga di tahun 2018, aku bisa mempunyai ritme pola tidur yang teratur.

 4.              Kurangi stres
Kebiasaanku yang selalu begadang, kurang tidur dan makan sembarangan rupanya bisa memicu terjadinya stress. Di tahun 2018 ini, aku berharap agar aku bisa mulai menata hidup dan prioritas.

Bagaimanapun, hidup harus berjalan seimbang. Karier, penghasilan dan kekayaan tidak ada apa-apanya jika kesehatan mental kita terganggu. Ingatlah slogan "Work hard, play hard".

5.              Makan makanan sehat
Biasanya kalau lapar, aku sering meraih camilan dengan cepat dan mudah, dan seringkali tidak sehat. Nah, di tahun 2018 ini aku akan mencoba menyimpan makanan  yang sehat di kulkas. Aku akan menyimpan buah-buahan segar dan sayuran pada tempat yang gampang terlihat mata. Aku akan menyimpan sirup dan cokelat manis di bagian belakang kulkas, dan buah-buahan di bagian depan. Sehingga saat aku berdiri di depan kulkas, aku akan sangat dengan mudah untuk meraih makanan yang sehat.

Tidak hanya memakan makanan yang sehat. Aku juga berencana untuk mengatur pola makanku. Seringkali aku makan saat aku ingat atau saat aku merasa lapar. Aku sering sekali mengabaikan sarapan. Padahal sarapan itu jauh lebih penting. Dengan sarapan, maka kalori bisa digunakan untuk seharian beraktivitas.

6.              Kurangi kopi
Banyak yang mengatakan kalau minum kopi yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Apalagi kopi 3 in 1 yang kadar gulanya terlalu tinggi. Selama ini aku tidak mau memperdulikan itu semua. Setiap harinya aku mampu meminum 3 hingga 4 gelas kopi sachet. Nah, di tahun ini aku mencoba untuk mengurangi minum kopi.

Jadi, resolusi saya di tahun ini intinya adalah hidup lebih sehat. Dari segi makanan tidak sampai rutin menerapkan food combaining atau clean eating sih, minimal menjalankan resolusi saya sebelumnya diatas dengan konsisten, mengurangi makanan yang digoreng, lebih banyak makan sayur yang mentah, setidaknya dikukus atau direbus. Rutin berolahraga dan tidur teratur. Semoga kali ini lebih istiqamahBismilllah.. 

#onedayonepost
#resolusi2018

#nonfiksi

6 komentar :

  1. Sehat selalu mbak...., menuju langsing 2018, (o)

    BalasHapus
  2. Back to nature... semoga sukses Kak

    BalasHapus
  3. Yang saya tahu, sayur mentah juga tidak semua baik loh mbak. Lebih baik di rebus sebentar untuk membunuh kuman dan menurunkan residu pestisida. Semangat sehat!

    BalasHapus
  4. Ayoo kita sama-sama menjalani hidup yang sehat di tahun 2018...

    BalasHapus
  5. Kalo sy yg sulit keknya olahraga mbak. Heu.. Terima kasih sudah berbagi inspirasi

    BalasHapus
  6. benar sekali mbak uky..untuk bisa sehat harus melakukan beberapa hal itu..terimakasih tipsnya

    BalasHapus