SOCIAL MEDIA

Kamis, 28 Desember 2017

Menurunkan Berat Badan Seusai Liburan

Hasil gambar untuk diet

Libur tlah tiba...
Hore.. Hore...  Hore...

Lagu “Libur Telah Tiba” memang sebuah lagu anak-anak yang sempat populer beberapa puluh tahun lalu. Namun, lirik lagu itupun masih sering di dengar di seluruh antero nusantara.
Saat liburan tiba, seringkali kita bebas melakukan aktivitas apapun, termasuk dalam hal makanan. Seringkali karena liburan, seakan kita bebas untuk menikmati indahnya liburan. Bahkan tak jarang, kita juga melupakan masalah berat badan sejenak.
Nah, jika hal itu terjadi, maka setelah liburan berakhir, berat badan pun akan terlihat naik secara drastis.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan :

1.   Jalan kaki
Membiasakan berjalan kaki kemanapun selama masih bisa dijangkau tanpa kendaraan. Kenapa harus jalan kaki ? karena tanpa kita sadari jalan kaki bisa membakar kalori. Hilangkan rasa lelah dan malas untuk berjalan kaki. Lebih baik lakukan jalan kaki saat pagi hari.  

2.   Batasi Porsi Makan
Saat liburan, kita pasti puas menikmati segala aneka makanan. Nah, sepulang liburan sudah saatnya kita untuk membatasi porsi makan. Pastikan makanan yang kita konsumsi seimbang, artinya tidak terlalu banyak porsi karbonya. Akan lebih baik jika perbanyak protein dan sayur. Membatasi porsi makan ini bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk menurunkan berat badan.
3. Selektif memilih Makanan
Saat pulang dari liburan, biasanya akan terbawa untuk makan apa saja yang kita inginkan. Namun, sebaiknya pilih-pilih makanan yang baik untuk Anda. Jika ingin makan makanan yang memuaskan namun berkalori tinggi, cukup pilih salah satu dan jangan makan terlalu banyak. Jika tidak di rem, maka Anda akan terlena dengan makanan enak menggemukkan tersebut.

4. Hindari Junk Food
Junk food adalah musuh terbesar saat berencana menurunkan berat badan. Hindari makan junk food karena tidak ada gizinya yang dibutuhkan tubuhmu. Selain itu, kandungan garam pada junk food juga sangat tinggi sehingga bisa membuat tubuh menjadi gemuk.

5. Perbanyak Minum Air Putih
Sediakan air putih dimanapun berada. Bawalah air putih saat berpergian. Hal ini untuk menghindarimu dari dehidrasi dan rasa untuk membeli minuman diluar.
Hindari minuman manis yang tinggi kalori. Walaupun makan sudah dijaga, namun jika minuman masih yang manis, maka program menurunkan berat badan tetap tidak berhasil.
Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak.
Selain manfaat-manfaat tersebut, air mineral dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas air mineral, sehingga porsi makan akan berkurang.

6. Tetap Berolahraga
Saat liburan, orang akan cenderung bermalas-malasan dan menikmati pemandangan juga suasana. Agar tujuan menurunkan berat badan tetap konsisten, maka perbanyaklah olahraga. Olahraga di pagi hari seperti jogging, yoga, naik sepeda, dll bisa Anda lakukan setiap hari saat ada waktu. Nikmati prosesnya maka hasil tak akan mengkhianati.

7. Tidur yang Cukup
Maksimalkan waktumu dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup bisa membantu metabolisme tubuh lebih baik yang berdampak pada penurunan berat badan. Usahakan untuk tidur selama 7-9 jam perhari. Dengan pola istirahat yang tepat maka tubuh juga akan lebih sehat.

8. Tentukan target
Tetapkan target yang realistis dalam menurunkan berat badan. Jangan terlalu berobsesi menurunkan berat badan secara cepat. 1 kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan cepat saji, dan lainnya.

 

9.  Berpikiran optimis

Selain menentukan target, tentu juga harus mengontrol pikiran untuk menguruskan badan. Tetapkan pikiran yang positif dan optimis bahwa Anda akan kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung.

 

10. Aktif bergerak

Jika kita termasuk orang yang malas gerak atau mager. Sebaiknya jangan deh. Dengan Anda malas gerak, tentu saja tidak ada energi yang dikeluarkan dari tubuh. Untuk aktif bergerak caranya mudah sekali lho.

Contohnya dengan berjalan kaki. Daripada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, mulailah berjalan kaki kemanapun. Jangan cuma duduk diam di depan komputer. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator.

11. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.
Manfaat makanan kaya serat antara lain :
·         Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
·         Membantu menurunkan berat badan
·         Menurunkan kolesterol tinggi
·         Membersihkan saluran pencernaan
·         Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
·         Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah
·         Mengendalikan gula darah
·         Memperlambat penyerapan glukosa

 

12. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menambah masalah baru. Cukup dengan mengurangi porsi Anda, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya namun tetap pada frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetap dengan makan 3 kali sehari namun dengan porsi kecil.

13. Hindari makan lebih dari jam 6 sore

Sarapan tentu membutuhkan porsi yang lebih banyak sebagai asupan energi kita selama seharian penuh, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih sedikit daripada sarapan. Begitu pula makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu mengonsumsi makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan sebuah apel. Atau jika memang hendak makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.

 

14. Hindari snack dengan kandungan gula tinggi

Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Anda makan atau minum.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

11 komentar :

  1. Poin 12, menarik..perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan..hmmm bisa dicoba ni..thanks utk sharingnya..

    BalasHapus
  2. nmer 12 harusnya perbanyak frekuensi dan porsi makan, hahaha...

    mba Uky keren, konsisten nulisnya always number one (y)

    BalasHapus
  3. Paling susah makan kurang dr jam , apalagi pas ngejar deadline tulisan. Makanan bs jadi penghidup suasana.

    BalasHapus
  4. Makan lebih dari jam 6 sore, masih sulit untuk dihilangkan. Sepertinya menarik untuk dicoba biar bisa nurunin badan.

    BalasHapus
  5. Setelah baca artikel ini, buru-buru tarik nafas panjang lalu inget2 tugas berat yang harus dilakukan apalagi tugas menghindari gorengan. Semoga dimudahkan . Terimakasih kak

    BalasHapus
  6. Menghindari makan lebih dari jam 6 sore. Aku sering ngelanggar. Apalagi kalau udah terlanjur dibeliin jajan

    BalasHapus
  7. Aku udah nyoba poin tentang makan tidak boleh lebih dari jam 6 sore. Lumayan bisa turun berat badan hehe

    BalasHapus
  8. wah mvak uky terimakasih tipsnya.....asli ini manfaat bgt buatku😂

    BalasHapus
  9. Trims infonya mbak uky... No 13 rada susah nih..

    BalasHapus
  10. Saya justru bingung mbak uky, mau liburan atau nggak liburan fokus saya bagaimana menaikkan berat badan.hehehe

    BalasHapus
  11. Terimksh tip nya, blognya bagus skli

    BalasHapus