Menyetrika Gamis dengan Mudah dan Cepat - Sang Mentari

Breaking

Sang Mentari

Personal & Life Style Blog

Conected

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, 22 Desember 2017

Menyetrika Gamis dengan Mudah dan Cepat

Hasil gambar untuk cara menyetrika gamis




Gamis adalah jenis pakaian wanita muslim yang biasanya terbuat dari bahan yang lembut dengan model yang tidak pas di badan dan didesain berlapis-lapis agar tidak menimbulkan kesan menerawang. Jadi tidak heran kalau ukuran baju gamis besar-besar

Saat ini baju gamis kian bergaya dan banyak macamnya, sehingga saat ini sudah menjadi trend munculnya baju gamis modern, baju gamis terbaru dan juga jilbab modern. Anda tentu tidak ingin melihatnya kusut, apalagi memakainya dalam kondisi yang lecek dan tidak rapi.

Dalam menyetrika gamis, sebaiknya harus diseuaikan dengan bahan dan model masing-masing gamis.

Selain itu bahan gamis yang lembut serta licin juga agak sulit untuk di setrika ditambah lagi dengan lapisan-lapisan di dalamnya. Gamis didesain agar nyaman ketika dikenakan. Jadi sebaiknya pilihlah bahan yang lembut agar tidak panas.

Saat menyetrika gamis, ternyata juga ada triknya karena tentu saja tampil cantik, bersih dan rapi adalah ciri-ciri seorang muslimah, jadi gamis wajib untuk disetrika.

o    Persiapan yang baik sebelum Anda menyetrika  gamis modern Anda akan membantu membuatnya sedikit lebih mudah.
Semprot koleksi baju gamis modern  anda dengan sedikit uap air jika kondisinya sangat kusut. Ratakan dan biarkan selama kurang lebih 10 menit hingga  kondisinya lembab.
o    Selalu gunakan air untuk kain yang sulit dirapikan. Uap sangat penting untuk jenis  gamis modern yang mudah kusut.
o    Periksa dan bacalah petunjuk pada  label di gamis Anda dan aturlah suhu panas setrika di tingkat yang direkomendasikan. Biarkan memanas sebelum anda mengaktifkan fungsi uap.


Langkah Mudah Menyetrika Gamis

1.   Langkah pertama adalah menyetrika bagian kerah gamis. Sebaiknya jangan menarik setrikaan saat menyetrika bagian kerah tapi cukup ditekan-tekan saja. Jika terdapat manik-manik maka gunakan ujung setrika untuk merapikan. Jangan sekali-kali menyetrika bagian manik-manik karena selain akan merusak baju juga akan menggores lapisan anti lengket pada bagian bawah setrika.

2.   Setelah menyetrika bagian kerah, lanjutkan menyetrika bagian lengan. Mulailah menyetrika dari bagian atas lengan sampai kearah manset baju gamis. Lakukan bergiliran pada setiap lengan baju.

3.   Sekarang saatnya menyetrika bagian utama gamis. Pertama-tama letakkan gamis pada papan setrikaan. Setelah itu tarik bagian belakang gamis sampai tidak terdapat lipatan sama sekali. Jangan juga terlalu kencang tapi sesuaikan dengan bahan gamis.

4.   Setelah cukup rapi jangan langsung disetrika tapi gunakan tangan untuk mengatur lipatan-lipatan pada gamis. Lakukan hal ini setiap akan mulai menyetrika.

5.   Atur setrikaan pada suhu yang tepat dengan bahan gamis setelah itu mualilah menyetrika sesuai dengan lipatan-lipatan yang sudah diatur sebelumnya. Jika lipatan bergeser, atur ulang dengan tangan dan kembali menyetrika sampai semua bagian licin sempurna.
Selain cara menyetrika gamis, beberapa catatan penting berikut ini juga perlu diketahui agar hasil setrikaan Anda tidak sia-sia karena menyetrika gamis memang tidak mudah.

·         Lalu bagaimana jika salah menatur lipatan atau tidak sengaja menyetrika bagian yang salah? Beri gamis percikan air sedikit atau uap lalu biarkan sebentar baru kemudian disetrika sesuai dengan lipatan yang sebenarnya.

·         Sebaiknya untuk menyetrika gamis adalah menggunakan setrika uap terutama menggunakan setrika uap berdiri atau setrika uap gantung sehingga gamis bisa langsung diatur pada lipatan-lipatan asalnya sehingga terlihat lebih alami tanpa lipatan setrika.

·         Setelah disetrika jangan sekali-sekali melipat gamis karena kerja keras Anda ketika menyetrikannya akan sia-sia. Jadi selalu gantunglah gamis dan pastikan juga lemari gantung Anda cukup tinggi untuk menggantung gamis sehingga bagian bawahnya tidak akan kusut. Jika lemari gantung Anda tidak cukup tinggi, gamis bisa dilipat menjadi dua dan digantung di hanger tapi pastikan gamis sudah dalam keadaan dingin karena kalau masih panas setelah disetrika akan menimbulkan lipatan baru yang akan merusakan penampilan Anda.





3 komentar:

  1. Terimkasih informasinya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Ternyata ada trik jitu buat menyetrika gamis. Terima kasih infonya mbak ^^

    BalasHapus
  3. Terima kasih tips dan triknya mba uky...

    BalasHapus

Post Top Ad

Responsive Ads Here