Perayaan Hari Ibu di Berbagai Dunia - Sang Mentari

Breaking

Sang Mentari

Personal & Life Style Blog

Conected

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 21 Desember 2017

Perayaan Hari Ibu di Berbagai Dunia

Hasil gambar untuk peringatan hari ibu di seluruh dunia




Peribahasa kasih Ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang jalan, pasti suda tidak asing lagi di telinga kita semua. Dalam peribahasa itu bisa diartikan bahwa kasih sayang seorang ibu kepada anaknya itu seumur hidup, sedangkan kasih sayang anak ke ibunya ada batasannya.
Sebagai seorang anak, kita tidak akan pernah bisa membalas apa yang suda diberikan ibu kepada kita. Sejak masih dalam kandungan, bertaruh nyawa membawa kita ke dunia, dan membesarkan kita dengan perjuangan dan air mata, rasanya satu hari spesial dalam setahun pun tidak sanggup membalas jasanya. Meskipun begitu, hari ibu adalah sebuah simbolisasi tentang penghargaan kepada perempuan paling hebat di dunia versi masing-masing anak.
Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakannya. Biasanya para ibu dibebas tugaskan dari kegaiatan rumah tangga mereka seperti memasak, merawat anak dan lainnya pada hari Ibu tersebut.
Lalu sebenarnya seperti apa negara-negara di dunia merayakan momen ini?
Berikut beberapa perayaan yang dilakukan oleh beberapa negara untuk memperingati Hari Ibu
Indonesia
Peringatan hari Ibu di Indonesia jatuh pada tanggal 22 Desember.  Penetapan hari Ibu di Indonesia, saat itu diawali dengan Kongres Wanita ketiga yang dilakukan di Bandung 22 Desember. Saat itu pergerakan Indonesia sedang giat, dan perempuan Indonesia juga tidak mau kalah, dan menjadikan momen Hari Ibu sebagai penjaga semangat kebangkitan perempuan Indonesia agar bisa bergerak seperti pria. Sehingga tanggal itu ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan Dekrit Presiden no 316 tahun 1959, maka resmi 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional.
Perayaan hari Ibu di Indonesia, sifatnya lebih personal, artinya tidak ada acara yang ajeg atau suda pasti ada. Setiap anak mengungkapkan cintanya kepada Ibu dengan berbagai cara. Ada yang memberi hadiah, memberi kejutan, ada juga yang mengucapkan selamat dan diiringi doa, bahkan ada juga yang mengucapkan dengan media sosial.
Inggris
Di Inggris hari Ibu disebut dengan Mothering Sunday yang jatuh pada hari Minggu tiga minggu sebelum paskah. Hari spesial ini jadi momen anak untuk pulang dari perantauan.
Biasanya hari spesial ini jatuh di pertengahan Maret atau awal April. Di hari ini anak-anak pergi ke gereja terdekat dengan tempat tinggal Ibunya.
Pada momen Mothering Sunday, para pekerja diperbolehkan libur untuk mengunjungi orang tua. Permen, cokelat, dan bunga menjadi hadiah yang akan diberikan kepada sang Ibu.
Meksiko
Hari Ibu dirayakan pada tanggal 10 Mei. Perayaan hari Ibu di Meksiko terbilang paling meriah, karena ada pentasnya.
Peringatan Hari Ibu di Meksiko sidah dilakukan sejak era Pagan. Semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk ibu masing-masing. Virgin merupakan simbol dari Ibu.
Selain itu, di Meksiko juga disediakan makanan bagi seluruh Ibu. Momen ini disebut dengan tamale dan atole. Anak-anak akan memberikan bunga ataupun hadiah untuk ibunya.

Amerika Serikat
Hari Ibu yang dirayakan pada hari Minggu kedua bulan Mei. Bukan sekadar penghargaan kepada Mama, tapi bentuk juga untuk mengingat momen bersejarah
Sejarah Hari Ibu di Amerika ini terbilang cukup panjang. Saat itu seorang tokoh perempuan Ann Jarvis yang terinspirasi oleh penyair Julia Howe ini memproklamasikan hari Ibu sebagai aksi perdamaian.
Ann Jarvis mengajak perempuan untuki bekerja demi sanitasi yang baik, dan hari ini disebut dengan Hari Kerja Ibu. Dipilih hari Minggu karena hari Minggu dianggap hari yang paling suci.
Sepeninggalnya Ann Jarvis, perjuangannya dilanjutkan oleh putrinya, Anna Jarvis. Anna Jarvis menuntit pengakuan hari Ibu secara resmi. Setiap minggu kedua di bulan Mei, Anna mengirimkan 500 tangkai bunga Anyelir ke gereja Ann Jarvis untuk dibagikan ke ibu-ibu yang berada di sana.

Spanyol
Hari Ibu di Spanyol dirayakan seminggu lebih awal dari Amerika. Namun tidak ada perayaan khusus, tetapi memberi kado kecil untuk ibu merupakan sebuah kewajiban yang turun temurun.

Thailand
Peringatan Hari Ibu di Thailand jatuh pada tanggal 12 Agustus dan dirayakan dengan parade nasional. Perayaan ini berupa penghormatan kepada keluarga kerajaan.
Hari Ibu di Thailand dirayakan secara nasional dengan pagelaran konser dan parade. Perayaan hari Ibu diawali dengan memberikan sedekah kepada rahib atau biarawan, dan kemudian sang anak mengekpresikan kasih kepada Ibu dengan memberikan bunga melati yang dianggap sebagai tanda sucinya kasi ibu.
Di Thailand ini juga ada hari Ayah, karena Hari Ibu diambil dari tanggal lahir Ratu, maka Hari Ayah diambil dari hari lahir sang raja.
Jepang
Awalnya di Jepang, hari Ibu diperingati setiap tanggal 6 Maret sebagai penghormatan kepada Putri Mahkota Kojun, Ibu dari Kaisar Akihito. Namun, seiring berkembangnya waktu, Jepang mengikuti tradisi yang lain di dunia untuk merayakan hari Ibu. Sehingga di Jepang hari Ibu diperingati di hari Minggu kedua pada bulan Mei. Harga Anyelir melambung tinggi, karena anak-anak akan memberikan bunga Anyelir kepada sang Ibu.

 Hasil gambar untuk peringatan hari ibu di seluruh dunia

4 komentar:

  1. Sangat aktual dan cepat tanggap dalam menulis...hebat

    BalasHapus
  2. Ibu memang sosok yang istimewa bagi kita. Kasihnya penuh tanpa minta berbalas. Selamat Hari Ibu ^^

    BalasHapus
  3. Wahhh... Lengkap informasinya ni.. Mantabbb..

    BalasHapus
  4. berarti ada usur politik ya, yang melatarbelakangi hari ibu di indonesia..
    tapi sayang orang indonesia kepada ibu ngga ada unsur politiknya kan ya,, yakin saya..

    BalasHapus

Post Top Ad

Responsive Ads Here