SOCIAL MEDIA

Selasa, 09 Januari 2018

Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan


 Hasil gambar untuk putih telur
Telur menjadi sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi penduduk dunia. Telur sering dihidangkan menjadi lauk-pauk yang cukup mudah disajikan.

Meski telur adalah bahan makanan yang merupakan sumber protein yang sangat baik, tapi juga mengandung kolesterol yang tinggi. Oleh karena itu, banyak yang menganjurkan untuk membatasi asupan telur yang lebih sedikit setiap minggu. Tapi mungkin saja kita tidak perlu meninggalkan telur sepenuhnya, karena putih telur mengandung sejumlah zat yang lebih baik daripada mengkonsumsi telur utuh seperti berikut ini :

Protein tinggi
Telur merupakan sumber protein hewani yang baik, yang lebih baik dari daging tanpa lemak, unggas dan ikan. Lebih dari setengah protein pada telur, pada kenyataannya berasal dari putih telur. Putih telur tunggal menyuguhkan 4 g protein tanpa lemak, kecuali apabila dimasak dengan cara digoreng dengan minyak berminyak atau mentega.

Bebas Kolesterol
Kolesterol di dalam telur hanya ditemukan dalam kuning telur, putih telur bebas kolesterol. Jadi, jika anda memiliki masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi, putih telur adalah pilihan yang sehat. Namun hanya makan putih telur, memastikan bahwa darah tidak menyerap kelebihan kolesterol. Hanya dengan memakan putih telur akan memastikan asupan kalori yang cukup namun tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

Sumber Mikronutrien
100 gram putih telur memberikan nutrisi, 0,4 miligram riboflavin, yaitu hampir sama yang terdapat dalam telur utuh. Telur utuh adalah sumber yang baik dari besi, fosfor, folat dan vitamin A, B-12 dan D.

Rendah Kalori
Makanan rendah kalori sangat baik untuk menjaga berat badan. Pilihan terhadap protein telur putih akan membantu tubuh mengontrol asupan kalori. Satu porsi putih telur, dengan ukuran yang lebih masuk akal dari empat putih telur akan menyediakan 68 kalori, yang secara signifikan dapat meningkatkan rasa kenyang dan merupakan kabar baik ketika mulai mengatur berat badan

Bebas Lemak
Konsumsi makanan yang terlalu banyak lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung. USDA melaporkan bahwa putih telur bebas dari lemak, termasuk lemak jenuh, yang ada dalam telur utuh.
Protein putih telur yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Putih telur juga memberikan beberapa manfaat lainnya. Putih telur sama sekali tidak lemak, jika dibandingkan dengan kuning telur.

Putih telur menyediakan nutrisi lain seperti :
·          1,3 mcg folat
·         6,6 mcg selenium
·         2,3 mg kalsium
·         3,6 mg magnesium
·         4,9 mg fosfor.

Membentuk Otot
Kandungan protein dalam putih telur sangat penting untuk membentuk otot terlebih ketika anda sedang fitness. Ia akan menjadikan masa otot lebih mudah terbentuk.

Sumber Tenaga
Anda pernah fitness / bekerja berat dan mengkonsumsi putih telur mentah sebelumya ? nah, anda akan mengalami peningkatan energi yang sangat luar biasa, kandungan protein akan membantu menaikkan energi tubuh anda.


Efek Samping Putih Telur
Putih telur mengandung zat natrium yang tinggi, pada telur berukuran sedang mengandung sekitar 403 mg natrium. Jadi lakukan konsultasi dengan ahli gizi sebelum memasukkan menu putih telur ke dalam diet harian, bagi orang yang sedang diet kandungan sodium. Hal ini juga berlaku bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular. Kemungkinan besar, anda akan hanya mengkonsumsi putih telur tanpa kuning telur yang mengandung kolesterol.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar