Minum Air Putih, Salah Satu Cara Hilangkan Mengantuk - Sang Mentari

Breaking

Sang Mentari

Personal & Life Style Blog

Conected

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 08 Januari 2018

Minum Air Putih, Salah Satu Cara Hilangkan Mengantuk

Hasil gambar untuk mengantuk

 Mengantuk merupakan salah satu tanda yang diberikan oleh tubuh agar beristirahat. Namun, jika mengantuk seusai makan, itu berarti ada yang salah dalam makanan.

Mengantuk setelah makan siang bukan kondisi yang normal. Seusai menyantap makan siang yang terjadi pada tubuh adalah kembali segar sebab dari makan siang anda kembali mendapatkan energi dan tenaga untuk anda dapat kembali beraktivitas seharian. Ketika rasa kantuk menyerang, maka hal ini menjadi pertanda bahwa tubuh anda menginginkan istirahat.

Mengantuk setelah jam makan siang sudah jadi masalah klise yang mungkin kita alami sehari-hari. Selesai menyantap menu makan siang, tiba-tiba mata menjadi semakin berat, tanpa disadari kita pasti mengucek mata, hingga berkali-kali menguap.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa ngantuk setelah makan adalah :
Hasil gambar untuk buah dan sayur

1.   Konsumsi Buah dan Sayur
Menu yang wajib hadir dalam porsi makan siang anda untuk menjaga anda tetap bugar setelah menyantap makan siang adalah buah dan sayuran. Buah-buahan segar bisa anda konsumsi sebelum menyantap makanan pokok. Asupan buah ini dapat memberikan energi yang lebih sebab kandungan gula alaminya. Selain itu, buah dan sayur akan membuat anda merasa kenyang lebih lama dan tetap memberikan anda energi.
Hasil gambar untuk air putih

2.   Minum air putih yang Cukup
Minum air putih yang cukup saat makan, dapat menghidrasi tubuh Anda, sehingga terhindar dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan ngantuk.

3.   Pilih Makanan dengan bijak
Saat saat makan siang, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan cukup zat besi.
Karbohidrat mengandung glukosa yang dapat memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan fungsinya. Zat besi juga diperlukan untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan tubuh.

Hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi, seperti fast food. Makanan ini dapat menambah banyak kalori pada tubuh tapi kurang nutrisi. Gula yang tinggi juga dapat memberi lonjakan pada kadar gula darah Anda tapi bisa menghilang dengan cepat sehingga menyebabkan kantuk dan lelah.

4.   Jangan makan terlalu banyak
Jaga porsi makan dan jangan sampai berlebihan. Makan berlebihan dapat membuat Anda sangat kenyang sekaligus ngantuk.

5.   Bergeraklah setelah makan
Lakukan hal yang bisa dilakukan dan membuat tetap aktif bergerak. Jika hanya duduk-duduk saja setelah makan, kemungkinan Anda merasa ngantuk setelah makan akan lebih besar.

Beraktivitas dapat meningkatkan aliran darah, sehingga oksigen dan nutrisi dapat dialirkan dengan baik ke seluruh sel-sel tubuh dan menjadi lebih berenergi.


Berjalan sekitar 15 menit setelah makan atau menaiki tangga dibandingkan lift mungkin dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here