Review Film : Ayat-Ayat Cinta 2 - Sang Mentari

Breaking

Sang Mentari

Personal & Life Style Blog

Conected

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, 10 Januari 2018

Review Film : Ayat-Ayat Cinta 2

Hasil gambar untuk resensi film ayat ayat cinta 2



Setelah sukses dengan film Ayat-Ayat Cinta, kali ini MD Pictires kembali memproduksi film keduanya dengan judul Ayat-Ayat Cinta 2 The Greatest Love Story.

Film ini ditulis oleh Habiburrahman El-Shirazy. Pada sekuel kali ini melanjutkan kisah Fahri (Fedi Nuril) yang sudah menjadi seorang dosen pengganti di Edinburgh University.

Film ini didukung oleh jajaran pemain yang tidak diragukan lagi kepiawaiannya dalam bermain film. Sosok Fahri masih diperankan oleh Fedi Nuril yang hingga saat ini memang merupakan benang merah terkuat antara film pertama dan kedua ini. Kemampuan Fedi dalam memerankan Fahri sudah tidak terbantahkan lagi. Bahkan sosok Fedi secara pribadi pun masih dikaitkan dengan sosok Fahri, hal ini membuktikan betapa suksesnya Fedi dalam memerankan Fahri.

Sosok Sabina dapat diperankan dengan baik oleh Dewi Sandra. Memang harus diakui mata Dewi Sandra tidak sama memesona dengan mata Rianti di AAC pertama, keduanya sama-sama mengenakan cadar. Wajah Sabina yang memang buruk karena entah kecelakaan atau sesuatu kejadian tertentu yang ia rahasiakan menjadikan Dewi Sandra tidak bisa menunjukkan kecantikannya di film ini. Sosok Sabina terlalu kelam untuk bisa bersinar.

Hulya yang cerdas dan ceria mampu dihadirkan dengan natural oleh Tatjana Saphira. Tatjana yang tampil cemerlang dalam Sweet 20 ini membuktikan kembali kepiawaian aktingnya dalam film ini. Hulya tampil dengan memesona.

Chelsea Islan tampil paling menonjol dalam film ini. Sosok Keira yang ia perankan sangatlah emosional dan temperamental. Keira yang terobesi menjadi pemain biola kelas dunia begitu mendendam kepada semua muslim akibat tragedi bom yang merenggut ayahnya, sekaligus merenggut semua cita-cita dan masa depannya. Chelsea mampu menghadirkan letupan-letupan emosi dan kebencian itu dengan sangat baik.
Hadir pula jajaran pemain berkelas lainnya seperti Dewi Irawan yang berperan sebagai Nenek Catarina, Arie K. Untung sebagai Misbah sahabat Fahri, dan Pandji Pragiwaksono sebagai pelayan pribadi dan sopir Fahri.

Dalam film Ayat-Ayat Cinta kali ini kisah Fahri kali ini juga tidak hanya dipenuhi dengan cerita cinta dan unsur religi, namun juga memiliki unsur jenaka, seperti adanya karakter Hulusi (Pandji Pragiwaksono) sebagai asisten yang berdarah Turki dan Misbah (Arie Untung) sebagai teman lama Fahri yang menumpang tinggal di rumahnya.

Persoalan utama dari film ini adalah pertanyaan seputar nasib Aisha yang tidak ada kejelasan, sementara Fahri masih berharap bahwa Aisha akan kembali ke hidupnya. Selain itu, di film ini juga ditunjukkan kehidupan Fahri yang tinggal di lingkungan yang penuh dengan keberagaman, seperti nenek Catarina yang keturunan Yahudi dan Keira yang keturunan Turki Jerman yang membenci Fahri karena ia dianggap sebagai teroris yang terlibat pada saat terjadi bom di London, Inggris.

Secara visual, banyak pemandangan dan lingkungan yang direkam dengan indah serta megah. Soundtrack untuk film ini juga pas dengan adegan-adegan dalam filmnya. Meskipun begitu, film arahan Guntur Soehardjanto ini masih memiliki beberapa kekurangan.

Karakter Fahri di film Ayat-Ayat Cinta 2 melebihi sempurna. Terlalu baik hati dan terlalu diidolakan para perempuan juga menjadikan karakter Fahri menjadi tidak masuk akal. Sedangkan untuk karakter para perempuannya, di film ini diceritakan bahwa menikah adalah puncak dari kebahagiaan, Secara akting, para pemain bisa menunjukkan karakter masing-masing, Fedi Nuril bisa memperlihatkan sesosok orang yang baik dan setia terhadap istrinya, sedangkan untuk Tatjana yang digambarkan ceria juga memberikan nuansa romantis, begitu juga dengan Chelsea maupun Nur Fazura, akting mereka juga memberikan kesan tersendiri bagi para penonton.
Di film Ayat-Ayat Cinta 2 ini terkesan ada beberapa lompatan adegan yang kurang didukung dengan adegan-adegan sebelumnya.

Sebagai contoh, Jason, salah satu tetangga Fahri yang awalnya sangat membenci Fahri tiba-tiba datang dan meminta pertolongan Fahri. Kebencian Jason sebelumnya ditunjukkan dalam beberapa adegan, seperti Jason dengan sengaja menendang bola ke arah mobil Fahri, dan juga adegan ketika ia memaki dan membentak Fahri setelah ia tertangkap tangan tengah mencuri di mini-mart milik Fahri. Dalam adegan itu diperlihatkan betapa bencinya Jason terhadap sosok Fahri.

Dalam scenetersebut diperlihatkan bahwa Fahri menawarkan perdamaian serta persahabatan dengan Jason, namun setelah itu tidak ada adegan-adegan lain yang membantu memperlihatkan keakraban Fahri dan Jason. Jadi adegan kedatangan Jason ke rumah Fahri untuk meminta pertolongan Fahri bahkan sambil menangis merupakan hal yang kurang natural dan terasa mengagetkan.

Fahri yang kita kenal sebagai sosok yang begitu menjaga ibadahnya, sosok yang sibuk belajar dan mengajarkan Alquran di tengah semua kesibukannya, sosok yang menundukkan pandangan dan begitu menjaga pergaulan dengan wanita, semua ini seolah sirna di film ini. Tidak diperlihatkan bagaimana Fahri merupakan sosok yang sangat menjaga ibadahnya, yang tenggelam dalam sujud-sujud malamnya, yang senantiasa berdoa dengan penuh kekhusyukan.

Di film ini, terlihat Fahri jauh lebih permisif dalam hal pergaulan dengan wanita. Adegan ketika Fahri membiarkan Hulya memperbaiki dasinya serta adegan ia duduk berdua dengan Hulya ketika hendak melamarnya. Terlebih lagi saat Fahri memutuskan untuk melamar Hulya yang saat itu belum menutup auratnya. Padahal, sosok Fahri awalnya untuk menatap wanita bukan mahramnya saja tidak mau, tiba-tiba melamar seorang wanita yang belum berhijab serta terkesan “agresif” terhadap laki-laki adalah sebuah keanehan..

Itu adalah sedikit adegan yang ada di Film Ayat-Ayat Cinta.

Pelajaran cinta dalam film ini sedemikian paripurna. Semoga penonton dapat memetiknya satu atau dua buah untuk dibawa ulang dan diamalkan dalam keseharian.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here